Sabtu, 17 November 2007

apa browser itu ?

Browser dalam bahasa indonesia diartikan sebagai Penjelajah web (bahasa Inggris: web browser).
Secara istilah adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer,Mozilla Firefox, dan Opera.
Masing-masing browser memiliki keunggulan masing-masing, namun sepertinya saat ini yang paling populer adalah internet explorer karena merupakan web browser standar yang ada di sistem operasi windows yang notabene paling banyak penggunanya saat ini. Beda jika anda pengguna linux maka web browser standar sangat tergantung pada desktop yang dipakai. Linux dengan desktop KDE secara standar akan menggunakan Konqueror dan Linux dengan desktop Gnome akan menggunakan Mozilla sebagai web browser standarnya.
Secara pribadi, saya menggunakan sistem operasi Windows dan Mozilla firefox sebagai web browser, karena banyak plugin yang bisa ditambahkan, sehingga serasa browser bisa menjadi browser yang sangat familiar dan sesuai untuk kebutuhan diri sendiri.
Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. Inilah mengapa pada saat kita mengetikkan alamat internet pada browser menggunakan kata www (meskipun biasanya tanpa ini juga bisa).

Tidak ada komentar: